JELAJAH BUDAYA DAN TRADISI DI BANYUMAS



JELAJAH BUDAYA TRADISI BANYUMAS



Prosesi Jamasan Pusaka Peninggalan Amangkurat 1

Langgar Jimat itu hanya dibuka setahun sekali. Isinya berupa ratusan benda pusaka. Konon, benda pusaka yang dijamas di depan langgar Jimat Kalisalak, merupakan senjata peninggalan Raja Amangkurat 1. Uniknya, meski dibuka setahun sekali, jumlah benda pusaka terus berubah tiap tahunnya.

Ribuan orang berjubel di pelataran Langgar Jimat di Kalisalak, Kecamatan Kebasen, rela berpanasan di terik matahari hanya untuk sekedar melihat prosesi Jamasan Jimat Kalisalak. Dari puluhan Jimat yang dijamas, dengan lontar bertuliskan sastera Jawa yang paling ditunggu-tunggu. Sebab tulisan dan maknanya  dalam daun lontar, bagi sebagian orang dipercaya sebagaian orang sebagai tanda zaman.

“Subosito bujokromo podho baliyo marang piwulang budi pekerti luhur”, begitulah tulisan sastera Jawa yang ada di lembaran daun lontar saat dibaca Gusti Kanjeng Ratu Alit dan Kanjeng Pangeran Haryo Aipati Sosronegoro. Sementara, tulisan di daun lontar yang satunya lagi adalah “pakerti mrih rahayu”.

Bagi Gusti Kanjeng Ratu Alit dan Kanjeng Pangeran Haryo Adipati Sosronegoro, dua tulisan sastera itu Ajaib sebab, meski terpisah dan diambil dari tempat yang berbeda, namun memiliki makna yang sama. Dua lembar daun lontar ini diambil dari juru kunci langgar Kalisalak, Ki Mad Daslam. Keduanya lalu menerjemahkan dalam Jawa Modern agar mudah dimengerti oleh masyarakat.

KPH Adipati Sosronegoro, menafsirkan bahwa “Subosito bujokromo podho baliyo marang piwulang budi pekerti luhur”, memiliki makna ajakan untuk kembali kepada ajaran budi pekerti yang luhur. Manusia diajak untuk berperilaku yang baik, bijaksana, dan manusiawi dalam kehidupan sehari-hari. Semakna dengan melakukan perbuatan yang membawa ketentraman.

Dengan demikian, jika dua tulisan dalam daun lontar digbungkan, mengandung makna perilaku yang baik, bijaksana dan manusiawi membawa ketentraman dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak ingin disakiti, janganlah menyakiti orang lain. Tindak tanduk yang baik, maka lingkungan juga akan baik.

Dalam jamasan juga muncul sebuah benda yang sebelumnya tidak ditemukan di setiap penjamasan yang dilakukan. Benda tersebut adalah Lis Kuda atau Lis Turangga. Lis adalah benda yang dipasang pada kanan dan kiri mulut kuda agar bisa dikendalikan saat menarik delman. Namun, Lis yang semestinya berjumlah dua ini, hanya ditemukan  satu buah.

KPH Adipati Sosronegoro menafsirkan munculnya satu buah “Lis Kuda” sebagai penanda peringatan agar masyarakat waspada terhadap sesuatu yang kemungkinan tidak bisa dikendalikan. Karena itu, dia mengimbau masyarakat dan pejabat untuk bisa mengendalikan diri sehingga dapat tercipta ketentraman.

Lis mengartikan pada kondisi tidak bisa dikendalikan. Umumnya, lis berjumlah dua. Fungsinya untuk mengatur tengok kanan dan kiri kuda sehingga jalannya menjadi benar. Tetapi ini hanya satu.

Salah satu kerabat Keraton Solo, Kanjeng Pangeran Haryo Kusumo alias Yatman menafsirkannya  Lis dengan melihat kondisi negara saat ini. Menurunya jika lis itu dua maka semua permasalahan dapat dikendalikan.

Juru bicara Langgar Jimat Kalisalak, Ilham Triyono mengakui, fenomena dalam prosesi jamasan seringkali diyakini masyarakat sebagai suatu pertanda zaman. Namun demikian, dia mengatakan, enggan menafsirkan secara gamblang makna dari fenomena-fenomena tersebut. Kata dia biar masyarakat menafsirkan sesuai keyakinan masing-masing.

Ilham mengatakan, ada salah satu fenomena dalam jamasan kali ini berupa “jenu”. Semula Jenu tersimpan di wadah dari anyaman bambu berukuran kecil, dan berisi uang kuno. Tapi kemudian pindah ke piti yang ukurannya lebih besar yang juga berisi uang.

Kalau dulu saat masih di piti kecil, kenyataannya banyak pejabat yang terjerat kasus korupsi. Kalau sekarang berada di piti yang besar apakah ini sebagai pertanda kasus korupsi akan semakin meluas. Selain itu ada hal yang aneh pula. Mata uang (India Batavia 1818) yang berjumlah 60 keping dengan keadaan 15 diikat dan 45 lpas, saat jamasan kali ini terlepas semua dari ikatan.

Jamasan Jimat Kalisalak merupakan tradisi tahunan yang digelar setiap Bulan Maulud berdasarkan hitungan Aboge (Alif, Rebo Wage). Oleh karena itu merupakan tahun Jim Akhir, prosesi jamasan digelar pada Jum’at Wage bertepatan dengan tanggal 25 Januari 2013.

Konon benda-benda yang dijamas adalah peninggalan Amangkurat I yang ditinggalkan di desa Kalisalak agar tidak membebani perjalanan menuju Batavia.

Amangkurat I menuju ke Batavia untuk meminta bantuan VOC lantaran dikejar-kejar pasukan Trunojoyo yang memberontak sekitar tahun 1646-1677.

Amangkurat I adalah Raja Mataram yang bertahta pada 1646-1677. Ia adalah anak dari Sultan Agung Hanyokrokusumo dan Raden Ayu Wetan ( Kanjeng Ratu Kulon), putri keturunan Ki Juru Martani yang merupakan saudara dari Ki Ageng Pemanahan.

Selain itu benda pusaka yang dianggap jimat yang mengalami perubahan lainnya adalah Apus Buntut ( dari tiga menjadi sembilan), bahan pakaian (dari 1 buah menjadi banyak dan berwarna warni), bekong (dari basah menjadi kering), benting (dari 1 menjadi enam), bumbung (dari 9 buah dimana hanya 5 berisi menjadi 11 buah dimana hanya empat yang berisi), gabah hitam (dari yang tadinya tidak ada menjadi ada empat buah dimana ada satu gabah cemerlang), huruf Arab (dari tadinya 5 buku dan posisi lepas, sekarang rusak, kanthong beras (dari 15 dimana 5 isi menjadi dua dimana 1 kecil dan isi) dan lain-lain.




SUMBER RADAR BANYUMAS
26 JANUARI 2013

0 Comments:

Post a Comment