SHOCKING BLUE



SHOCKING BLUE
MARISKA VERES






Mariska Veres band asal Belanda, Shocking Blue, yang pernah mencetak hit internasional Venus tahun 1970. Tutup usia pada tanggal 2 Desember 2006 karena kanker.

Shocking Blue pernah pernah tur ke Jakarta, Surabaya dan Medan. Di Jakarta, Shocking Blue tampil di Taman Ria Monas, 26-27 Juli 1972, dengan band pembuka trio bocah The Kids dan Vivi Sumanti pada malam pertama serta Panbers pada malam kedua.

Harga tiket konsernya saat itu rata-rata Rp. 250, jauh lebih murah dibandingkan dengan harga tiket konser Bee Gees yang kala itu dipatok Rp. 800 untuk kelas yang paling rendah. Shocking Blue dibayar hanya 4. 500 dollar AS sekali tampil karena tidak setenar Bee Gees yang dibayar 10. 000 dollar AS (sekitar 4 juta) per konser.

Venus sempat menduduki peringkat pertama tangga lagu di Amerika Serikat, tetapi setelah itu popularitas Shocking Blue menurun terus sampai bubar tahun 1974. Uniknya, Venus sempat dua kali masuk lagi ke urutan pertama Billboard di AS ketika lagu itu dibawakan Band Stars On 45 tahun 1981 dan Bananarama tahun 1986.

Shocking Blue juga menjadi inspirasi  bagi Nirvana yang mendaur ulang Love Bluzz pada album debut mereka, Bleach (1989).

Sebagai perempuan vokalis Rock tahun 1970-an, Veres berparas cantik dan menebar misteri. Kelahiran Den Haag ( Belanda ) yang berdarah separuh Hongaria dan separuh Jerman pernah berkiprah sebagai artis solo dengan dua hits yang cukup top di negerinya, Topkapi (1965) dan Dag en Nacht (1967).

Ia direkrut sebagai vokalis Shocking Blue tatkala tampil dalam sebuah pesta sebagai vokalis band Bumble Bees tahn 1968. Ketik SB terdiri dari Robbie van Leeuwen (gitar), Cor van Beek (drum), Klaasje van der Wal (bas), dan Fred de Wilde (vokal). Mereka baru saja menulis singgle Lucy Brown is Back in Town yang bertengger di urutan ke-21 tangga lagu Top 40 Versi Belanda.

Van Leeuwen yang mendirikan SB (Shocking Blue) tertarik dengan warna vokal serta gaya panggung Veres. Ia langsung menerima tawaran itu dengan syarat setiap personil  SB tidak boleh berhubungan asmara dengannya. Begitu menggantikan De Wilde, SB bersama Veres semakin top dan kuat dengan warna musik R&B.

Tidak sedikit pria penggemar maupun sesama artis yang jatuh cinta pada Veres karena aura dia yang mistis, senyumnya yang misterius, dan rambutnya yang hitam panjang. Sebaliknya Veres menolak dianggap sebagai simbol seks dan jauh dari dunia rock’nroll 1970-an yang dekaden.

Veres yang sangat hobi minum teh itu tak pernah merokok atau menenggak alkohol. Dunianya yang sangat bertolak belakang dengan personil dengan personel-personel lainnya menjadi sumber konflik setiap kali SB melakukan tur ke berbagai negara.

Setelah SB bubar tahun 1974, Veres memulai karir solonya yang terbilang kurang sukses. Ia sempat bergabung dengan band Mistral dan mencetak satu singel, Neon City, yang juga tak mampu melambungkan kariernya seperti ketika masih bersama SB. Sepajang tahun 1980-an, Veres membentuk Band yang juga bernama Veres dan pada dekade 1990-an berganti band lagi bersama The Clarks.

Awal tahun 1990-an Vers merekam CD bersama empat pemusik jazz Quinet. Tahun 1993 ia bahkan masih berusaha membentuk band dengan nama Shocking Blue juga – tetapi dengan line up berbeda, dan menelurkan sebuah single Body and Soul (1994).

Sebelum tutp usia, Veres tetap aktif menyanyi dan sering mengisi acara hiburan televisi temasuk juga melantunkan nomor-nomor lama SB seperti, Venus, Love Buzz atau Never Marry a Railroad Man. “ Saat masih bersama Shocking Blue, saya ibarat boneka yang tak mungkin dimiliki oleh siapa pun. Sekarang saya lebih terbuka untuk orang lain”

DISCOGRAPY

Solo singles

  • 1975 "Take Me High/I Am Loving You" (Pink Elephant, Polydor, Decca)
  • 1976 "Tell It Like It Is/Wait Till' I Get Back To You" (Pink Elephant, Polydor)
  • 1976 "Loving you/You Showed Me How" (Pink Elephant)
  • 1977 "Little By Little/Help The Country" (Pink Elephant)
  • 1978 "Too Young/You Don't Have To Know" (Seramble)
  • 1978 "Bye Bye To Romance/It's A Long Hard Road" (CNR)
  • 1980 "Looking out for number one/So Sad Without You" (CNR)
  • 1982 "Wake Up City/In The Name Of Love" (EMI Records)

Albums
  • 1993 Shocking You (Red Bullet) An Album by Mariska Veres Shocking Jazz Quintet
  • 2003 Gipsy Heart (Red Bullet) An Album by Mariska Veres & Ensemble Andrei Serban




ARTIKEL WAWASAN












0 Comments:

Post a Comment