CONTOH PIDATO HARKITNAS


PIDATO SINGKAT KEPALA SEKOLAH
PADA UPACARA HARKITNAS





CONTOH PIDATO UNTUK TINGKAT SMP – SMU

Assalamu’alaikum wr .wb.

Yth
: Guru Karyawan …. Yang Kami Hormati

: Siswa-Siswi ….. Yang Saya Banggakan

Pertama- tama marilah kita panjatkan Puji Syukur atas kehadirat Allah SWT . karena atas berkat dan rahmatnya kita semua dapat berkumpul untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan Nabi Besar Nabi Muhammad SAW.

Dalam kesempatan yang baik ini, marilah kita sejenak tertunduk untuk kembali mengenang …. Tahun yang lalu, ketika Kebebasan dan Kemerdekaan bangsa ini masih dikuasai penjajah. Kita Bangsa Indonesia sebagai Negara yang telah berdaulat penuh sejak Tanggal 17 Agustus 1945, tentu akan terus bangkit membela dan mempertahankan Kemerdekaan, agar rakyat Indonesia pada setiap generasi dapat melanjutkan cita-cita para pejuang.

Hari ini tepat tanggal 20 Mei, kita peringati Hari Kebangkitan Nasional bangsa Indonesia. Hari yang bersejarah munculnya kesadaran bangsa Indonesia untuk berjuang melalui organisasi baik organisasi sosial maupun organisasi politik. Munculnya rasa persatuan dimulai dengan berdirinya Organisasi Budi Utomo yang dipelopori oleh dr. Wahidin Sudiro Husodo dan dr. Sutomo. Organisasi pertama ini muncul jauh-jauh hari sebelum kemerdekaan dikumandangkan. Tujuan organisasi ini adalah mendukung perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan selain dengan kekuatan senjata.

Organisasi tersebut telah menyadarkan bagi bangsa Indonesia, bahwa pendidikan merupakan sarana yang penting dalam menghadapi berbagai tantangan, komunikasi dan persatuan bangsa. Organisasi Budi Utomo telah merubah cara berfikir menghadapi berbagai keterbelakangan dan keterpurukan bangsa dalam menghadapi penjajah yang berabad-abad mengendalikan kemerdekaan bertindak dan berpendapat.

Kedua tokoh tersebut merupakan pahlawan-pahlawan pemikir, yang berjuang tidak menggunakan senjata, tidak menggunakan kekerasan, tetapi berjuang melalui pola pikir dan strategi mengentaskan keterpurukan bangsa dari segala penindasan bangsa penjajah.

Ini pantas kita hargai dan teladani, karena dengan kecerdasan dan keunggulan-keunggulan paradigma pemikiran beliau ternyata mampu mengobarkan semangat kepahlawanan untuk menuju kepada kemerdekaan bangsa yang bermartabat.

Perjuangan menuju kepada kemerdekaan tentu telah melahirkan pemikir dan pejuang sejati. Kemerdekaan yang kita raih akan mempertegas bahwa tanggungjawab berbangsa dan bernegara merupakan perjuangan berkelanjutan. Setiap Warga Negara memiliki peran dan fungsi bahkan tugas dan kewajiban masing-masing. Peran dan fungsi tersebut tentu harus dilaksanakan dengan penuh dedikasi, disiplin, dan bermartabat.

Sekolah memiliki peran penting bagi setiap generasi untuk membangkitkan kesadaran belajar. Guru memiliki tugas mulia  dan tanggungjawab yang besar untuk membimbing, mendidik, melatih, mengajar, agar mereka kelak hidup menjadi generasi unggul berakhlakul karimah dan memiliki sikap nasionalisme terhadap bangsa ini.

Pendidikan bagi bangsa Indonesia merupakan hal penting yang terus menerus menjadi perhatian utama. Kita patut bersyukur bahwa Kebangkitan Indonesia dalam bidang pendidikan telah merubah cara berfikir bangsa penjajah yang selalu membatasi pendidikan hanya untuk golongan tertentu. Negara telah menjamin pendidikan dan kesempatan belajar seluas-luasnya dalam situasi yang aman dan damai. Berbagai sarana serta pengelolaan subsidi biaya menjadi keseriusan negara dalam memberikan kesempatan dan pemerataan pendidikan dan peran aktif warga Negara Indonesia, kita berharap dan selalu menitipkan harapan rakyat agar pendidikan bersubsidi kelak akan menjangkau pendidikan di tingkat sekolah Lanjutan Tingkat Atas bahkan sampai ke Perguruan Tinggi.

Dalam sambutan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan :

1.
Guru memiliki tugas penting dalam mencerahkan bangsa, sehingga tugas tersebut harus dilakukan dengan penuh pengabdian, dedikasi dan disiplin.

2.
Guru harus mampu membangkitkan Nasionalisme siswa terhadap Negara, seperti dr. Wahidin Sudiro Husodo dan dr. Sutomo yang telah mampu menggugah jiwa kepahlawanan bagi bangsa Indonesia akan arti pentingnya pendidikan dan berfikir bagi Bangsa Indonesia.

3.
Tidak ada kata berhenti untuk selalu belajar melengkapi diri, sebab kita berhadapan dan belajar dengan generasi yang jauh lebih cerdas dalam penguasaan tekhnologi dan informasi yang terus berkembang.


Sedangkan bagi siswa beberapa hal yang penting untuk dilakukan adalah :

1.
Seorang siswa, memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama berat, yaitu belajar tekun mempersiapkan diri sebagai pemuda yang memiliki potensi dalam pembangunan.

2.
Memandang jauh ke depan, bahwa kebangkitan untuk belajar adalah merupakan sarana mengangkat harkat dan derajat menjadi generasi yang berpendidikan dan bermartabat.


3.
Negara tercinta ini hanya mampu diwariskan kepada generasi-generasi yang unggul, generasi yang bertakwa kepada Tuhan YME, mampu melengkapi dengan berbagai keilmuan dan tekhnologi. Oleh karena itu belajar adalah bertahap dan berkelanjutan.

4.
Tingkatkan Apresiasi dan persahabatan antar sesama sekolah yang bersifat positif, seiring dengan berbagai perkembangan tekhnologi dalam dunia pendidikan yang mendukung siswa mampu berkiprah untuk kehebatan sebuah Negara.

5.
Hiasi diri dengan akhlaqul karimah agar kelak menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang berhati nurani serta melaksanakan amanah dengan jujur.




Satu hal penting kita renungkan adalah berkaca dari jiwa pahlawan Bangsa yang senantiasa berani membela kebenaran dan keadilan, rela berkorban untuk kepentingan masyarakat dan negara, jujur, dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. Sifat-sifat ini harus kita tanamkan sejak dini baik sebagai Guru maupun kepada semua siswa.

Marilah kita jaga persatuan bangsa yang telah lama kita bina, dengan peningkatan kerukunan di lingkungan kita sendiri, baik di sekolah maupun kerukunan di lingkungan masyarakat. Kerukunan akan menciptakan kedamaian. Bangsa kita akan dapat membangun dengan baik, jika suasana damai, tenteram tanpa adanya gejolak dalam masyarakat.

Pendidikan merupakan suatu kewajaran bagi kita semua manusia baik itu pendidikan jasmani, rohani, formal maupun nonformal, serta di sekolah ataupun di luar sekolah. Ini merupakan tanggungjawab kita semua dalam menghadapi globalisasi yang terus mengejar di depan kita.

Momentun Harkitnas ini harus mampu melecut kembali nilai kebersamaan sebagai bangsa dalam menghadapi globalisasi dengan menggelorakan rasa bangga dan Cinta Tanah Air. Generasi muda harus menjadi pejuang dan petarung yang tangguh bagi kejayaan bangsa.

Karena sesungguhnya kita semua telah mewarisi darah dan jantung para pejuang yang gagah berani melawan musuh penjajah. Tidak ada bangsa yang akan maju tanpa perjuangan keras. Tidak ada bangsa yang akan maju tanpa pengorbanan. Dan Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa, kecuali mereka berusaha merubah diri mereka masing-masing.

Semoga dengan nilai-nilai Harkitnas mampu dirakit menjadi perahu kokoh untuk mendekatkan bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan lebih modern dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekian. Terima kasih.

Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Dan Selamat Berjuang

 Wassalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarokhatuh.




Sekedar Contoh


0 Comments:

Post a Comment