ARSIP 05



CONTOH TATA TERTIB PESERTA ORIENTASI PESERTA DIDIK
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
SMP / MTs DELAPAN TUJUH




LOGO ALMAMATER

PANITIA KEGIATAN ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU
( OPD )
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
SMP / MTs  INDONESIA


Unggul Dalam Mutu, Prestasi. Utama Dalam Dzikir, Fikir Dan Terampil


TATA TERTIB
PESERTA KEGIATAN ORIENTASI
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
SMP / MTs 87 INDONESIA


NO
JENIS TATA TERTIB
1
2


1.

Ketentuan Kedisiplinan

1.          Peserta sudah berada di  sekolah pukul. 06. 30 WIB untuk mengikuti kegiatan ibadah Dhuha dan do’a bersama.
2.          Jika peserta terlambat, boleh mengikuti kegiatan atas izin pendamping.
3.          Apabila berhalangan hadir maka harus ada surat pemberitahuan dari orang tua / wali

2.

Ketentuan Seragam

1.          Berpakaian seragam SD / MI sekolah asal selama masa Orientasi
2.          Bersepatu / Bukan Sandal Jenis sepatu lengkap dengan kaos kaki
3.          Selama Kegiatan pakaian rapi


3.

Ketentuan Kegiatan Ibadah

1.          Peserta membawa perlengkapan alat ibadah
2.          Pada saat kegiatan ibadah Dhuha / Dhuhur peserta harus segera mengambil wudlu
3.          Peserta boleh keluar dari musholla setelah kegiatan ibadah dan do’a selesai

4.

Ketentuan Kelengkapan Kegiatan

1.          Membawa Alat Tulis dan Buku
2.          Buku Panduan Kegiatan OPD
3.          Cocard Identitas

5.


Ketentuan Akhlaqulkarimah Peserta Putra

1.          Akhlaqulkarimah
2.          Tidakmemakai Accesories gelang, Kalung, jam tangan
3.          Bagi yang rambut kepala gondrong harus cukur

6.

Ketentuan Akhlaqulkarimah Peserta Putri

1.          Akhlaqulkarimah
2.          Tidak berhias berlebihan
3.          Tidak memakai gelang / cincin , jam tangan untuk menghindari hilang di tempat kegiatan.

7.

Ketentuan Umum

1.          Tidak membawa Uang saku berlebihan
2.          Peserta berlaku ramah dan sopan terhadap guru, pandamping maupun panitia kegiatan Orientasi.
3.          Peserta tidak takut melaporkan dirinya apabila apabila ada pendamping / pengurus OSIS yang berlaku kasar kepada sekolah atau panitia.
4.          Peserta harus melaporkan dirinya kepada pendamping apabila sakit dalam mengikuti kegiatan
5.          Peserta bersalaman dengan Dewan Guru dan Pendamping yang sudah menjemput di pintu gerbang Pada saat sampai di sekolah dan meninggalkan sekolah / pulang.

8.

Ketentuan Peserta OPD Ketika Berada dalam Ruang Kegiatan

1.          Sepatu dilepas pada saat masuk ruang kegiatan.
2.          Tidak membuang sampah dalam ruang kegiatan.
3.          Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan.
4.          Duduk tertib sesuai kelompoknya.
5.          Tidak berbicara sendiri / ramai pada saat panelis sedang memberikan materi orientasi
6.          Pada saat harus ke belakang mohon izin dengan pendamping
7.          Tidak berlaku kasar / kurang sopan terhadap peserta lain
8.          Peserta harus menunjukkan kerjasama dengan kelompok lain jika mendapat tugas kegiatan

9.

ATRIBUT / ACCESORIES  / KEWAJIBAN LAIN UNTUK PESERTA OPD

1.          ...............................................................................................................................
2.          ...............................................................................................................................
3.          ...............................................................................................................................
4.          ...............................................................................................................................
5.          ..............................................................................................................................
6.          ...............................................................................................................................
7.          ...............................................................................................................................
8.          ...............................................................................................................................

10.

Ketentuan Penilaian Pendamping Terhadap Keaktifan Dan Kedisiplinan / Individu

1.          Kedisiplinan
2.          Tanggungjawab
3.          Peran Aktif Dalam Kegiatan
4.          Akhlaqulkarimah / Etika
5.          Berani mengungkapkan Pendapat Dalam Kegiatan
6.          Presensi

11.

Ketentuan Penilaian Pendamping Terhadap Keaktifan Dan Kedisiplinan / Kelompok

1.          Kekompakan
2.          Kerjasama Dengan Kelompok Lain
3.          Kreatifitas
4.          Presentasi Opini / Hasil Diskusi
5.          Hasta Karya
6.          Apresiasi dalam Panggung Seni Kelompok OPD
7.          Kemampuan memecahkan masalah dalam Permainan
8.          Presensi
9.          Tanggungjawab untuk sebuah tugas

12.
Tata Tertib yang belum tercantum akan ditentukan / diatur kemudian

Ditetapkan di ..... Tanggal, 05 Juli 2010


PANITIA KEGIATAN ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU
TAHUN 2010

Ketua OPD Tahun 2010




Putri Dewi Rarasanta, S.PdI, M.Ag
Ketua OSIS




Diah Kartika


Mengetahui
Kepala SMP / MTs Delapan Tujuh




Puspita Putri, S.Pd, M.Pd



0 Comments:

Post a Comment